GALERI INFO UNIK

Kumpulan Galeri Info Unik seputar berita menarik dan terupdate. Fakta Unik tentang kehidupan , sejarah dan mitos yang berkembang di belahan dunia.

Fakta Unik Banguanan Ini Disebut Sumur Terbesar Di Dunia

Chand Baori di desa Abhaneri Rajasthan timur adalah salah satu landmark negara India, sumur yang berdinding anak tangga dari batu. Sumur itu adalah yang tertua di Rajasthan serta dipandang jadi yang paling besar didunia. 


Penampilan Chand Baori sekalipun tidak tampak seperti sumur. Dengan susunan persegi prima serta 13 undakan, selama dinding mempunyai tangga ganda yang membuat segitiga. Sejumlah 3. 500 tangga dirapikan dalam satu simetri menuju basic sumur sedalam 20 meter. 

Sumur kuno itu dibuat pada era ke-8 dan ke-9 oleh Raja Chanda dari Dinasti Nikumbha. Sumber air digunakan oleh masyarakat kurang lebih selama beratus-ratus tahun sebelumnya ada penyaluran air modern. Walau tidak kembali dipakai, bangunan berumur lebih dari 1. 000 tahun itu masih tetap kuat. Sumur berdampingan dengan satu kuil sebagai tempat lain penjelajahan turis. 

Dinding sumur, yang dimaksud bawdi atau baori, mempunyai undakan tangga yang dibuat, menurut warga untuk memungkinkan semakin banyak orang yang dapat menjangkau dasar untuk memperoleh air. 

Meski demikian, tidak ada yang tahu tentu argumen di balik bentuk geometris rumitnya. Beberapa orang yakin bentuk itu dipakai jadi situs pemanenan air, karna lokasi ini di kenal jadi tempat kering. Mulut sumur yang besar dipakai jadi penampung air hujan. 

Tidak hanya menjadi sumber mata air, Chand Baori juga tempat berkumpul warga untuk mendinginkan diri sepanjang musim panas. Suhu dibagian bawah sumur 5-6 derajat lebih dingin dari pada sisi atasnya. 

Di antara bagian yang mempunyai paviliun, pengunjung dapat melihat patung-patung dengan beragam ukiran. Disini ada juga ruangan spesial yang ditujukan untuk Raja dan Ratu untuk melihat pertunjukan seni.
Share this article :
+