GALERI INFO UNIK

Kumpulan Galeri Info Unik seputar berita menarik dan terupdate. Fakta Unik tentang kehidupan , sejarah dan mitos yang berkembang di belahan dunia.

Fakta Unik Bukit Pasir Yang Dapat Bergerak Sendiri

Fakta Unik Bukit Pasir Yang Dapat Bergerak Sendiri - Great Dune of Pyla terdapat 60 km dari Bordeaux di lokasi teluk Arcachon, Prancis, yang di kenal jadi bukit pasir teratas di Eropa.



Great Dune of Pyla dikenal juga dengan sebutan Great Dune of Pilat. Bukit pasir raksasa ini mempunyai lebar 500 meter, panjang 3 km serta tinggi 107 meter diatas permukaan laut. Keindahan destinasi ini membuatnya jadi maksud wisata yang populer dengan lebih dari satu juta pengunjung per tahun.

Menariknya, bukit pasir raksasa itu nyatanya tidak sempat henti bergerak. Kadang-kadang bergerak cepat (10 meter per tahun) serta kadang-kadang begitu lambat (kurang dari satu meter per tahun).

Sepanjang 57 tahun paling akhir, bukit pasir itu sudah bergerak sejauh 280 meter, yang bermakna alami perpindahan tahunan sebesar 4, 9 meter per tahun.

Perpindahan bukit pasir ini, seperti ditulis amusingplanet, terkait dengan tiupan angin maritim yang mendorong mobilitas Great Dune of Pyla. Untuk beberapa wisatawan yang menyukai berpetualang, naik ke sisi atas bukit pasir ini bisa memberi panorama spektakuler seperti lanskap pesisir pantai serta rimba pinus yang luas.
Share this article :
+
This is the current newest page